London tetap berlakukan wajib masker di transportasi publik

Kebijakan itu bakal diterapkan sekalipun Inggris berencana mengakhiri pembatasan di sejumlah ruang publik per 19 Juli.

Ilustrasi. Pixabay

Masyarakat tetap akan diwajibkan memakai masker saat menggunakan transportasi publik di London, Inggris, setelah aturan tersebut sempat dicabut dan bakal berlaku per 19 Juli 2021. Alasannya, pelonggaran berisiko meningkatkan kasus Covid-19.

"Akan jauh lebih baik adalah aturan nasional diterapkan di seluruh negeri. Tidak hanya di London, tetapi di seluruh negeri. Itu akan memberikan kejelasan terkait apa aturannya," kata Wali Kota London, Sadiq Khan, kepada BBC, Rabu (14/7).

Dia telah meminta badan yang mengawasi transportasi ibu kota untuk menegakkan penggunaan masker di kereta bawah tanah, bus, dan trem. Para pelanggar bakal tidak diizinkan menaikkan kendaraan umum. 

Pengawasan itu takkan dilakukan Polisi Metropolitan London dan Polisi Transportasi Inggris lantaran pemakaian masker tidak lagi diwajibkan oleh hukum.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, sebelumnya mengumumkan mengakhiri sebagian besar pembatasan guna mencegah Covid-19, termasuk wajib bermasker di ruang publik. Namun, dirinya tetap meminta masyarakat berhati-hati dan menjalankan tanggung jawab pribadi.