Mal di Malaysia terapkan layanan ramah autisme

Mulai Januari 2019, Sunway Putra Mall di Kuala Lumpur akan melakukan perubahan dalam sejumlah hal agar ramah terhadap penderita autisme.

Sunway Putra Mall / sunwayputramall.com

Bagi orang tua dengan anak-anak yang memiliki Gangguan Spektrum Autisme (ASD), kegiatan sesederhana berbelanja menjadi hal yang sulit dilakukan. Sebuah mal di Malaysia kini berupaya membuatnya lebih mudah.

Mulai Januari 2019, Sunway Putra Mall di Kuala Lumpur akan mengubah sejumlah aspek yang menjadi rintangan utama bagi penderita autisme seperti cahaya lampu yang terang serta tipe dan volume musik yang diputar.

"Para penyewa juga akan ambil bagian dalam program Selasa ramah autisme," jelas manajer umum Sunway Putra Mall Phang Sau Lian. "Ini termasuk antrean prioritas di konter pembayaran untuk keluarga dengan anggota autis agar kunjungan mereka jauh lebih menyenangkan," tambahnya.

Langkah ini menjadikan Sunway Putra Mall sebagai pusat perbelanjaan ramah autisme pertama di Negeri Jiran, dan kemungkinan merupakan mal pertama di Asia Tenggara yang melakukannya juga.

Tidak hanya itu, sejumlah pedagang retail internasional seperti Toys "R" Us dan Target telah bergabung dalam inisiatif ini dengan menyelenggarakan sejumlah hari belanja dan acara ramah autisme.