Malaysia 60 tahun: Satu negeri, tiga visi

Pemilihan umum berikutnya dijadwalkan pada tahun 2028 tetapi kemungkinan besar akan diadakan lebih awal.

Foto: Pixabay

Pemerintahan Islam, status quo sekuler atau negara di dalam negara – masa depan Malaysia tampak goyah dalam ulasan James Chin, profesor bidang Asian Studies, University of Tasmania, lewat karyanya dipublikasikan Lowy Institute, Senin (11/9), berikut:

Pada tanggal 16 September, Federasi Malaysia – sebuah negara yang dianggap sebagai negara dengan kisah sukses di Asia Tenggara – akan merayakan hari jadinya yang ke-60. Meskipun negara-negara tetangga seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina telah mengalami kudeta militer dan banyak korban jiwa akibat perselisihan sipil, Malaysia hanya mengalami satu episode: kerusuhan etnis pada 13 Mei 1969.

Saat itu, setelah ketertiban dipulihkan, struktur politik diubah menjadi sistem berdasarkan Ketuanan Melayu (Supremasi Melayu). Hal ini menyebabkan stabilitas jangka panjang di bawah koalisi Barisan Nasional, terutama pada masa pemerintahan Mahathir Mohamad, yang berkuasa dari tahun 1981 hingga 2003. Sistem ini runtuh pada tahun 2018 ketika Mahathir, yang kembali dari masa pensiunnya, memimpin oposisi untuk menggulingkan koalisi Barisan Nasional. BN. Hebatnya, pada usia 93 tahun, ia kembali menjabat perdana menteri pada 2018 hingga 2020.

Pada bulan November tahun lalu, setelah pemilu yang tidak meyakinkan, Anwar Ibrahim, yang telah lama dianggap sebagai “Muslim demokrat ” oleh Barat, diminta oleh Raja untuk membentuk pemerintahan koalisi. Pengaturan dua koalisi saat ini di Malaysia terdiri dari Pemerintahan Persatuan Anwar (partai Pakatan Harapan + BN + Kalimantan) dan oposisi Perikatan Nasional (Bersatu, Parti Islam Se-Malaysia dan Gerakan).

Hal terbesar yang bisa diambil dari pemilu November 2022 adalah “Gelombang Hijau”, atau kebangkitan Islam politik dan Parti Islam Se-Malaysia (PAS). PAS kini menjadi partai terbesar di parlemen Malaysia dengan 49 kursi. Partai terbesar kedua di parlemen adalah Partai Aksi Demokratik (DAP), sebuah partai berbasis di Tiongkok yang mewakili non-Melayu, dengan 40 kursi.