Mantan PM Australia: Indonesia punya pemimpin luar biasa

Mantan PM Australia Malcolm Turnbull terkesan dengan blusukan yang dilakukannya bersama Presiden Jokowi pada 2015.

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull usai kuliah umum "Advancing the Australia-Indonesia Economic Relationship" di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (1/10). Alinea.id/Valerie Dante

Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull memuji kepimimpinan Presiden Joko Widodo. Hal itu disampaikannya dalam kuliah umum "Advancing the Australia-Indonesia Economic Relationship" di Universitas Indonesia, Depok, pada Selasa (1/10).

"Bagi saya sangat jelas bahwa Indonesia, sebuah bangsa yang luar biasa, juga memiliki pemimpin yang luar biasa," kata dia.

Dia kemudian menceritakan pengalamannya saat blusukan bersama Jokowi ke Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada November 2015. Turnbull menuturkan, dirinya terkejut melihat antusiasme masyarakat yang ingin berjabat tangan dengan presiden.

"Turun ke Pasar Tanah Abang saat itu, saya melihat bahwa masyarakat Indonesia sangat bersemangat. Jokowi telah memanfaatkan energi itu dan menyalurkannya untuk mendorong pertumbuhan negara ini," ungkap Turnbull.

Dia menilai Jokowi sebagai salah satu pemimpin paling penting di dunia saat ini. Sebagai Presiden Indonesia, lanjutnya, Jokowi mempromosikan nilai-nilai demokrasi, multilateralisme dan Islam moderat.