Masalah 'kata' bikin Israel berang lagi terhadap Presiden Irlandia

Salah satu warga Irlandia-Israel, yang masih bocah, bernama Emily Hand,  menjadi salah satu sandera Hamas.

Emily Hand. Foto: Ist

Israel tidak pernah suka dengan kata netral untuk melabeli Hamas dan aksi militernya termasuk penyanderaan saat penyerangan 7 Oktober 2023. Menjadi masalah kalau ada media yang tidak mau menyemakatkan sebutan teroris terhadap Hamas. Negeri Zionis itu juga sewot bila sandera disebut 'orang yang hilang' ketimbang 'diculik secara brutal'. PM Irlandia Leo Varadkar kena semprot karena ini. 

Salah satu warga Irlandia-Israel, yang masih bocah, bernama Emily Hand,  menjadi salah satu sandera Hamas. Ia dilepaskan kemarin, bersama sejumlah sandera lain, sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran sandera dan gencatan senjata. 

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di X pada hari Sabtu, Leo Varadkar mengatakan, “Anak tak berdosa yang hilang kini telah ditemukan dan dikembalikan dan kami merasakan kelegaan yang sangat besar. Doa kami telah terkabul.” 

Juru bicara pemerintah Israel Eylon Levy pada hari Minggu mengecam Leo Varadkar atas pernyataannya tentang tawanan Irlandia-Israel berusia sembilan tahun itu.

Menanggapi postingan X Varadkar, Levy mengatakan Hand tidak “hilang” tetapi telah “diculik secara brutal oleh regu pembunuh yang membantai tetangganya”.