Massa dobrak istana presiden dengan truk peringati satu dekade penculikan dan pembunuhan 43 mahasiswa

Faktanya, ketika mereka diculik, para mahasiswa itu sendiri sedang membajak bus penumpang yang akan mereka gunakan untuk demonstrasi.

Foto: mexiconewsdaily

Satu dekade lalu, terjadi penculikan dan pembunuhan 43 mahasiswa Meksiko. Hingga kini kasusnya terus menjadi misteri. Namun, mahasiswa Meksiko hingga hari ini terus memprotes kekerasan beradarah itu. 

Rabu (6/3) para mahasiswa bahkan menyita sebuah truk pickup pada dan menggunakannya untuk menabrak pintu kayu Istana Nasional Mexico City.

Mereka mendobrak pintu dan memasuki istana era kolonial, tempat tinggal presiden dan mengadakan konferensi pers hariannya. Istana ini merupakan bangunan bersejarah yang berasal dari tahun 1700-an, dan dibangun di lokasi istana kaisar Aztec.

Demonstrasi tersebut, seperti demonstrasi lainnya selama bertahun-tahun, bertujuan untuk memprotes penculikan dan pembunuhan 43 mahasiswa satu dekade lalu.

Presiden Andrés Manuel López Obrador menyebut protes tersebut sebagai sebuah provokasi, dan menyatakan bahwa para demonstran membawa palu godam dan obor las.