Mendadak kunjungi Irak, Menlu AS bahas ketegangan dengan Iran

Kunjungan itu terjadi dua hari setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menyatakan kapal induk telah dikerahkan ke Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dan Perdana Menteri Irak Adil Abdul-Mahdi dalam pertemuan di Baghdad, Irak, Selasa (7/5). Twitter/@SecPompeo

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo melakukan kunjungan dadakan ke Baghdad, Irak, pada Selasa (7/5). Dia bertemu Perdana Menteri Irak Adil Abdul-Mahdi untuk membahas mengenai ketegangan yang meningkat antara AS dan Iran.

Kunjungan itu terjadi dua hari setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menyatakan kapal induk USS Abraham Lincoln dan gugus tugas pengebom telah dikerahkan ke Timur Tengah.

Bolton mengungkapkan, langkah itu diambil karena AS merasa ada ancaman nyata dari rezim Iran. Kekhawatiran tentang ancaman dari Iran datang setelah dalam beberapa bulan terakhir Washington meningkatkan sanksi terhadap Teheran akibat program nuklirnya.

Sebelumnya, AS juga telah mencantumkan Korps Garda Revolusi Iran dalam daftar kelompok teroris asing. Iran pun membalas dengan melabeli seluruh militer AS sebagai teroris.

"Kami berbicara tentang pentingnya Irak melindungi warga AS yang berada di negara mereka," tutur Pompeo kepada wartawan usai bertatap muka dengan PM Abdul-Mahdi.