Menlu Retno dorong peran AS di Asia Tenggara

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Pertemuan Khusus Menlu ASEAN-AS pada Rabu (14/7).

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri Pertemuan Khusus Menlu ASEAN-AS pada Rabu (14/7). / Kementerian Luar Negeri RI

ASEAN kembali menggelar Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN dengan Amerika Serikat (AS). Pada awal pertemuan secara daring itu, Rabu (14/7), Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi menyampaikan berbagai perkembangan penanganan pandemik dan pemulihan ekonomi di kawasan.

Sekjen ASEAN juga mendorong AS mendukung berbagai inisiatif ASEAN dalam penanganan pandemik, antara lain ASEAN Comprehensive Recovery Framework dan ASEAN Travel Corridor Arrangement.

Dalam konteks pemulihan ekonomi, Sekjen ASEAN mendorong AS untuk mendukung sustainable economic recovery dan memperkuat kerangka multilateralisme untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang menghadiri itu menyampaikan 4 hal penting. Pertama, dia menyambut baik kembalinya AS kepada multilateralisme. "Kepemimpinan AS dalam kerja sama internasional dan multilateralisme akan berkontribusi membuat dunia tempat yang lebih baik bagi semua. Kerja sama harus diutamakan," kata Retno dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Kedua, Menlu Retno mendorong peran positif AS yang lebih besar di kawasan Asia Tenggara. Dia menyatakan, hubungan yang baik antara AS dan ASEAN akan bermanfaat tidak hanya bagi ASEAN tetapi juga bagi AS. Peran positif AS akan berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.