Menlu RI-China bahas kerja sama kesehatan dan ekonomi

Kedua menlu juga membahas mengenai isu stabilitas dan keamanan kawasan.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai pertemuan bilateral di Kemlu RI, Jakarta, pada Rabu (13/1). / Kemlu RI

Kerja sama kesehatan dan ekonomi menjadi bahasan utama dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, pada Rabu (13/1).

Menlu Retno menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan Menlu Wang ke sejumlah negara ASEAN.

"Kita berdua menyadari bahwa pada 2021, dunia masih dihadapkan pada tantangan pandemik Covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi," tuturnya. "Oleh karena itu, kerja sama kesehatan dan ekonomi menjadi topik utama pembicaraan kami."

Selain itu, kedua menlu juga membahas mengenai isu stabilitas dan keamanan kawasan. Terkait kerja sama ketahanan kesehatan, Menlu Retno menyatakan, sebagai tindak lanjut pertemuan Menlu ASEAN-China pada Februari 2020, Tiongkok berkontribusi dalam mendukung inisiatif Public Health Cooperation Initiative: Program on Public Health Emergency Preparedness Capacity (PROMPT).

Sementara itu, dari sisi bilateral, Retno menjelaskan, Indonesia dan China telah melakukan kerja sama di bidang penyediaan alat diagnostik, teurapatik, dan vaksin.