Menlu Taiwan: PBB mengabaikan kami

Padahal Taiwan mampu dan bersedia untuk berbagi kisah suksesnya serta berkontribusi lebih lanjut pada upaya kolektif untuk mencapai SDGs.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu. Twitter/@MOFA_Taiwan

Menteri Luar Negeri Joseph Wu meminta PBB untuk membuka pintu bagi Taiwan agar dapat berpartisipasi dalam organisasi multilateral tersebut untuk ikut serta membantu tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Joseph menyatakan, SDGs merumuskan perencanaan untuk masa depan yang lebih baik dan membimbing dunia menyusuri jalan yang berkelanjutan. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) yang diterima Alinea.id pada Selasa (3/9).

Pada Juli, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengingatkan pentingnya inklusi imperatif karena pembangunan tidak akan berkelanjutan jika tidak adil dan inklusif.

Meski menekankan perlunya inklusif, Menlu Joseph mengkritik PBB karena menyampingkan Taiwan.

Dia menyebutkan, Taiwan mampu dan bersedia untuk berbagi kisah suksesnya serta berkontribusi lebih lanjut pada upaya kolektif untuk mencapai SDGs yang dicanangkan PBB. Taiwan, lanjutnya, telah membuat langkah besar dalam memerangi kemiskinan dan mencapai tingkat nol kelaparan.