Militer Myanmar sebut Suu Kyi bakal muncul di pengadilan

Kudeta militer pada 1 Februari telah menjerumuskan negara Asia Tenggara tersebut dalam kekacauan.

Aung San Suu Kyi (kiri) dalam audiensi publik ICJ di Den Haag, Belanda, Selasa (10/12/2020). REUTERS/Yves Herman

Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Senior Min Aung Hlaing mengatakan, pemimpin sipil yang digulingkan, Aung San Suu Kyi, dalam kondisi sehat di rumah. Dia menambahkan, Aung San Suu Kyi akan muncul di pengadilan dalam beberapa hari.

Kudeta militer pada 1 Februari telah menjerumuskan negara Asia Tenggara tersebut dalam kekacauan. Aung San Suu Kyi, peraih Nobel Perdamaian atas perjuangan panjangnya melawan penguasa militer sebelumnya, termasuk di antara lebih dari 4.000 orang yang ditangkap sejak kudeta terjadi.

Dia menghadapi dakwaan yang berkisar dari memiliki radio walkie-talkie secara ilegal hingga melanggar undang-undang negara.

"Aung San Suu Kyi dalam keadaan sehat. Dia ada di rumahnya dan sehat. Dia akan menghadapi persidangan di pengadilan dalam beberapa hari," kata Min Aung Hlaing melalui tautan video wawancara yang dirilis pada Sabtu (22/5).

Pewawancara bertanya kepada Min Aung Hlaing apa pendapatnya tentang kinerja Suu Kyi yang dikagumi secara luas di negara berpenduduk 53 juta itu untuk kampanyenya yang telah membawa reformasi demokrasi tentatif yang terpotong oleh kudeta.