Minneapolis rusuh, KJRI Chicago pastikan WNI aman

Kekacauan terjadi imbas sikap rasial terhadap pria kulit hitam, George Floyd.

Petugas membubarkan pengunjuk rasa yang protes setelah seorang polisi kulit putih menekankan lututnya ke leher pria kulit hitam, George Floyd, yang kemudian meninggal di Minneapolis, Amerika Serikat, Kamis (28/5/2020). Foto Antara/REUTERS/Carlos Barria

Konsulat Jenderal RI (KJRI) Chicago, Amerika Serikat (AS), memastikan warga negara Indonesia (WNI) di Minneapolis dan St Paul, Negara Bagian Minnesota aman seiring terjadinya kerusahan imbas kasus rasial.

"KJRI Chicago telah berkomunikasi dengan WNI di area Twin Cities (Minneapolis dan St. Paul) dan hingga Jumat (29/5) pagi, seluruh WNI berada dalam kondisi aman," jelas pernyataan KJRI Chicago yang diterima Alinea.id, Sabtu (30/5).

WNI diimbau memprioritaskan keamanan, menghindari daerah kerusuhan, dan mematuhi anjuran pemerintah setempat.

Sementara, aparat keamanan setempat masih berjaga-jaga di Twin Cities setelah kerusuhan massal selama tiga hari terakhir.

Unjuk rasa bermula dari sebagai protes atas kematian pria kulit hitam, George Floyd (46). Dia meninggal, Senin (25/5), tidak lama setelah seorang polisi kulit putih berupaya menahannya dengan berlutut pada leher Floyd.