Mulai 24 Juni, Malaysia buka sekolah secara bertahap

Pembukaan kembali akan melibatkan lebih dari 500.000 siswa dari 2.440 sekolah menengah di seluruh negeri.

Petugas wanita menyemprotkan disinfektan di sebuah pasar yang ditutup di tengah penyebaran Covid-19 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (24/3/2020). Foto Antara/Reuters/Lim Huey Teng

Malaysia membuka kembali sekolah secara bertahap mulai 24 Juni. Negara tersebut hanya melaporkan dua kasus baru infeksi Covid-19 pada Rabu (10/6), jumlah terendah sejak Perintah Kawalan Pergerakan (Movement Order Control/MCO) diberlakukan pada Maret.

Menteri Pendidikan Radzi Jidin menuturkan, pembukaan kembali akan melibatkan lebih dari 500.000 siswa dari 2.440 sekolah menengah di seluruh negeri.

Siswa tahun terakhir SMP dan seluruh siswa SMA akan diizinkan masuk kembali terlebih dahulu. Sisanya, termasuk siswa SD, belum ditentukan kapan mulai bersekolah lagi.

Sebagai syarat bagi sekolah untuk dibuka kembali, Radzi mengatakan pihak sekolah harus mematuhi pedoman kesehatan, termasuk memeriksa suhu siswa sebelum masuk kelas, memberi jarak setidaknya satu meter antarmeja belajar, dan menghindari keramaian pada waktu istirahat.

Para siswa dilarang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan aktivitas di luar ruangan.