Muncul klaster baru Covid-19, Tiongkok pecat pejabat kesehatan

Klaster baru tersebut, merupakan transmisi lokal pertama di Tiongkok dalam waktu sekitar dua bulan terakhir.

Seorang wanita duduk di depan warga yang mengantre untuk tes asam nukleat di Wuhan, China, Sabtu (15/5), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Seorang kepala rumah sakit dan direktur komisi kesehatan di Kota Qingdao, Tiongkok dipecat setelah munculnya kalster baru Covid-19 di kota tersebut.

Sebuah pernyataan singkat di situs resmi Pemerintah Kota Qingdao menuturkan, bahwa Direktur Komisi Kesehatan Sui Zhenhua dan Deng Kai, kepala rumah sakit toraks Qingdao tempat kasus-kasus tersebut dikaitkan, ditempatkan dalam penyelidikan lebih lanjut. Tidak ada detail lain yang disebutkan.

Pihak berwenang memerintahkan pengujian seluruh penduduk yakni sembilan juta orang di kota itu setelah total 12 kasus, termasuk yang tidak menunjukkan gejala, ditemukan selama akhir pekan lalu.

Klaster baru tersebut, merupakan transmisi lokal pertama di Tiongkok dalam waktu sekitar dua bulan terakhir. Langkah pengujian massal serupa telah terjadi sebelumnya, ketika klaster-klaster infeksi sempat terdeteksi di sejumlah kota besar lainnya.

Departemen Kesehatan Qingdao menjelaskan, bahwa pengujian dimulai dengan pelacakan kontak dekat, kontak dekat dari kontak dekat, dan kontak yang lebih kasual, yang secara bertahap meluas ke semua distrik kota.