NASA mulai proses membawa teleskop ruang angkasa baru

Teleskop baru itu akan dirilis satu bulan mendatang.

ilustrasi. foto Pixabay

Lembaga Antariksa Amerika Serikat NASA akan fokus memulai proses membawa James Webb Space Telescope yang baru diluncurkan agar bisa mengintip kondisi alam semesta di musim panas. Perjalanan dimulai ketika insinyur kontrol misi di Space Telescope Science Institute di Baltimore mulai mengirimkan perintah awal mereka ke motor kecil yang disebut aktuator, kemudian perlahan-lahan memposisikan dan menyempurnakan cermin utama teleskop.

Melansir Reuters, Jumat (21/1), teleskop itu terdiri dari 18 segmen heksagonal logam berilium berlapis emas, cermin utama berukuran 21 kaki, 4 inci (6,5 m) dengan diameter permukaan pengumpul cahaya yang jauh lebih besar daripada Teleskop Luar Angkasa Hubble berusia 30 tahun.

Bagian 18 segmen di dalamnya telah disesuaikan dengan teleskop yang akan dikirim ke luar angkasa. Dibentangkan dengan sisa komponen strukturalnya selama periode dua minggu setelah peluncuran Webb pada 25 Desember lalu.

Segmen-segmen itu sekarang harus dilepas kemudian bergerak maju setengah inci dari konfigurasi aslinya. Proses ini memakan waktu sekitar sepuluh hari sebelum mereka dapat disejajarkan untuk membentuk permukaan pengumpulan cahaya tunggal yang tak terputus. 

“Penyelarasan akan memakan waktu tiga bulan tambahan,” ujar Manajer Elemen Teleskop Optik Webb, Lee Feinberg.