Netanyahu janji caplok wilayah di Tepi Barat jika menang pemilu

Pemungutan suara pemilu Israel akan berlangsung pada 17 Oktober.

PM Israel Benjamin Netanyahu. Instagram/@b.netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Selasa (10/9) mengumumkan niatnya untuk menganeksasi Lembah Yordania, sebuah wilayah di Tepi Barat yang diduduki, jika dia memenangi pemilu.

"Hari ini saya umumkan niat saya, setelah pembentukan pemerintahan baru, untuk menerapkan kedaulatan Israel ke Lembah Yordania dan Laut Mati bagian utara," kata Netanyahu dalam pidato yang disiarkan langsung di saluran TV Israel.

Netanyahu menyebut daerah itu sebagai perbatasan timur Israel. Aneksasi, disebutnya, dapat dilakukan segera setelah dirinya mendapat mandat.

Merespons pernyataan tersebut, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menuturkan bahwa semua perjanjian yang ditandatangani dengan Israel dan kewajiban yang dihasilkannya akan berakhir jika Netanyahu nekat mengambil langkah itu. 

Hanan Ashrawi, seorang pejabat senior di Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) melalui Twitter mengatakan bahwa Netanyahu memaksakan pembesaran Israel di seluruh Palestina yang bersejarah dan (melaksanakan) agenda pembersihan etnis.