Oposisi Venezuela klaim telah menyalurkan bantuan kemanusiaan

Oposisi Venezuela telah mengoordinasikan upaya pemberian bantuan dari sejumlah negara Barat, sementara rezim Maduro memblokirnya.

Juan Guaido di tengah bantuan kemanusiaan yang diklaimnya telah disalurkan. Instagram/@jguaidopresidente

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido (35) pada Senin (11/2) mengatakan, timnya telah menyalurkan kargo pertama bantuan kemanusiaan tanpa menjelaskan secara spesifik bagaimana dia mendapatkannya.

Guaido, yang telah diakui oleh sebagian besar negara-negara Barat sebagai presiden sah Venezuela selama satu bulan terakhir, mentwit foto dirinya dikelilingi oleh tumpukan vitamin dan suplemen gizi. Namun, dia tidak mengungkapkan bantuan itu bersumber dari mana.

Hoy hicimos la primera entrega de la #AyudaHumanitaria. 1.700.000 porciones para atender a nuestras madres embarazadas y niños en estado de desnutrición.

Para atender a la población más vulnerable debemos organizarnos y lograr la apertura del canal humanitario. #VamosBienVzla pic.twitter.com/tIE4Dsjbvp — Juan Guaidó (@jguaido) February 11, 2019

"Hari ini kami menyalurkan donasi pertama atau kargo pertama bantuan kemanusiaan meski pun dalam skala kecil, karena Anda tahu mereka telah memblokir perbatasan saat ini," ujar Guaido dalam pidatonya pada Senin (11/2) malam.

Oposisi Venezuela telah mengoordinasikan upaya oleh negara-negara Barat, termasuk perusahaan dan organisasi untuk memberikan bantuan kepada Venezuela, tempat di mana kekurangan gizi dan penyakit berkembang biak selama beberapa tahun terakhir di tengah krisis ekonomi parah.