Pangeran Harry dan Meghan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris

Pangeran Harry dan Meghan mengatakan, keputusan untuk mundur diambil setelah refleksi dan diskusi internal selama berbulan-bulan.

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengumumkan pertunangan mereka pada November 2017. Instagram/@sussexroyal

Pangeran Harry (35) dan Meghan Markle (38) yang masing-masing berstatus Duke of Sussex dan Duchess of Sussex pada Rabu (8/1) mengumumkan akan mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Mereka menyatakan akan bekerja agar dapat mandiri secara finansial.

Menurut BBC, tidak ada anggota keluarga kerajaan lain, termasuk Ratu Elizabeth atau Pangeran William, yang diajak berkonsultasi oleh Harry dan Meghan terkait keputusan mengejutkan tersebut. Pihak Istana Buckingham pun dilaporkan kecewa.

Dalam pernyataan yang diunggah di situs resmi dan akun Instagram mereka, Harry dan Meghan mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah refleksi dan diskusi internal selama berbulan-bulan.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan bekerja agar mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu," sebut Harry dan Meghan.

Selain itu, Harry dan Meghan juga mengatakan, berencana untuk menyeimbangkan waktu antara di Inggris dan Amerika Utara sambil terus menghormati tanggung jawab mereka kepada Ratu Elizabeth, persemakmuran, dan organisasi-organisasi yang mereka lindungi.