Parlemen Inggris ambil alih Brexit

Tiga menteri langsung mengundurkan diri setelah parlemen mengambil alih Brexit.

Perdana Menteri Inggris Theresa May saat berbicara di parlemen, London, Inggris, Senin (25/3). ANTARA FOTO/UK Parliament/Jessica Taylor/Handout via REUTERS

Hasil pemungutan suara pada Senin (25/3) menyatakan bahwa untuk sementara Parlemen Inggris akan mengambil alih proses Brexit dari Perdana Menteri Theresa May.

PM May mendapat pukulan baru karena pemerintah dikalahkan dengan suara 329 dibanding 302 dalam pemungutan suara yang mengizinkan parlemen mengambil alih proses Brexit untuk satu hari. 

Parlemen akan menentukan sejumlah alternatif untuk draf Brexit PM May melalui serangkaian pemungutan suara pada Rabu (27/3).

Dalam pemungutan suara besok, para anggota parlemen dapat memilih tujuh opsi yang berbeda. Sejumlah opsi tersebut termasuk referendum kedua, Brexit tanpa kesepakatan (no-deal Brexit), dan kesepakatan gaya Norwegia dengan kemitraan ekonomi yang erat dengan Uni Eropa.

Tiga menteri langsung mengundurkan diri setelah parlemen mengambil alih Brexit. Mereka adalah Menteri Luar Negeri Alistair Burt, Menteri Kesehatan Steve Brine, dan Menteri Bisnis Richard Harrington yang mengumumkan pengunduran dirinya melalui Twitter.