Korea Utara: Peluncuran rudal adalah peringatan untuk Korea Selatan

Kim Jong-un menuduh Korea Selatan melakukan transaksi ganda.

Ilustrasi / Pixabay

Korea Utara mengatakan, peluncuran terbaru dua rudal jarak pendek dalam pekan ini yang jatuh di Laut Jepang atau Laut Timur dimaksudkan untuk mengirim peringatan ke Korea Selatan.

Menurut kantor berita Korea Utara, KCNA, peluncuran senjata berpemandu taktis tipe baru pada Kamis (25/7) diawasi langsung oleh Kim Jong-un sebagai bagian dari demonstrasi kekuatan untuk mengirim peringatan serius kepada militer Korea Selatan. 

Laporan KCNA menyebut Korea Selatan mengadakan latihan militer yang bertentangan dengan peringatan berulang dari Korea Utara. Diyakini itu merujuk ke pengumuman pada 20 Juli bahwa Amerika Serikat dan Korea Selatan akan melakukan latihan militer bersama bulan depan.

"Kita tidak bisa tidak nonstop mengembangkan sistem senjata super kuat untuk menghilangkan potensi dan ancaman langsung terhadap keamanan negara kita yang datang dari Selatan," ungkap Kim Jong-un seperti dilansir KCNA.

Ada hampir 30.000 pasukan AS yang ditempatkan di Korea Selatan dan manuver tahunan mereka dengan tentara Korea Selatan telah lama membuat marah Korea Utara.