Pemerintah Venezuela umumkan kasus pertama cacar monyet

Kasus pertama di Venezuela adalah pria yang baru pulang dari Madrid.

Ilustrasi cacar monyet. Dok Reuters.

Pemerintah Venezuela menyatakan kasus pertama cacar monyet di negaranya terdeteksi pada Minggu (12/6). Pasien pertama kasus tersebut adalah seorang laki-laki yang baru saja bepergian dari Madrid dan masuk Venezuela melalui bandara utamanya di dekat Caracas.

Dilansir dari Reuters, Minggu (12/6), pemerintah setempat tengah melakukan pelacakan. Namun, tidak disebutkan berapa usia pria tersebut.

"Dia segera diisolasi, tes terkait dilakukan dan sampel diambil, memberikan hasil positif," kata Menteri Kesehatan Magaly Gutierrez di Twitter.

Sebagai informasi, Argentina adalah negara Amerika Latin pertama yang mengkonfirmasi kasus cacar monyet. Spanyol, Inggris, dan Portugal telah mencatat sebagian besar kasus penyakit yang biasanya ringan di luar wilayah Afrika bagian barat dan tengah di mana penyakit itu endemik.

Para ilmuwan bingung apa yang menyebabkan kasus cacar monyet semakin merebak. Kasus cacar monyet sebagian besar merebak di Eropa, meski sakit itu awalnya menjadi biasa di wilayah Afrika.