Pemilu Israel: Benjamin Netanyahu klaim kemenangan

Ini merupakan pemilu ketiga Israel dalam waktu kurang dari satu tahun.

PM Israel Benjamin Netanyahu dan istri Sara Netanyahu. Instagram/@b.netanyahu

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu (70) mengklaim kemenangan besar dalam pemilu yang berlangsung pada Senin (2/3). Exit poll sendiri mengisyaratkan bahwa dia masih belum mengamankan mayoritas yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan.

Exit poll yang dirilis pada Senin malam dan Selasa (3/3) pagi menunjukkan bahwa Partai Likud yang berhaluan kanan yang dipimpin Netanyahu meraih 36 atau 37 kursi, meningkat empat atau lima dari total saat ini.

"Malam yang menggembirakan," kata Netanyahu saat berpidato di markas pemenangan Likud di Tel Aviv. "Kemenangan ini sangat manis, karena ini adalah kemenangan melawan segala rintangan ... Kita mengubah lemon menjadi limun."

Netanyahu bersumpah akan segera membangun pemerintah nasional yang kuat, diduga merujuk pada koalisi partai sayap kanan dan agama, dan menyembuhkan keretakan di negara itu.

"Besok ... kami akan bertemu dengan para pemimpin sayap kanan untuk membentuk pemerintahan yang kuat dan stabil, pemerintahan nasional yang baik untuk Israel," tutur Netanyahu. "Ini adalah kemenangan besar bagi kubu sayap kanan, dan yang utama serta terpenting ini adalah kemenangan bagi pendukung Likud."