Pemilu Israel: Pertarungan hidup mati Netanyahu

Kekalahan akan mengakhiri lebih dari 10 tahun dominasi Netanyahu di kancah politik Israel.

Ilustrasi / Pixabay

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (69) dihadapkan pada pertempuran hidup mati lewat pemilihan umum yang berlangsung pada Selasa (17/9). Kekalahan akan mengakhiri lebih dari 10 tahun dominasinya di dunia politik.

Jajak pendapat menempatkan Benny Gantz (60) dari koalisi liberal dan sentris Biru dan Putih bersaing ketat dengan Netanyahu dan Partai Likud-nya yang berhaluan kanan.

Pemilu kembali diadakan setelah Netanyahu gagal membentuk koalisi pascapemilu pada April. Ini merupakan pertama dalam sejarah Israel menggelar dua kali pemilu dalam satu tahun.

Partai kanan jauh Yisrael Beiteinu pimpinan Avigdor Lieberman dapat muncul sebagai "kingmaker" dalam pembicaraan koalisi. Lieberman menentang pembentukan koalisi dalam pemilu terakhir karena dia menolak mundur dalam perselisihan yang sudah berlangsung lama dengan partai-partai keagamaan tentang RUU yang mengatur pembebasan wajib militer bagi pemuda ultra-Ortodoks.

Dua partai utama hanya menunjukkan sedikit perbedaan pada sejumlah isu krusial, di antaranya kebijakan melawan Iran, hubungan dengan Palestina dan Amerika Serikat dan kestabilan ekonomi.