Pemimpin Hong Kong kembali dihujani cemoohan di LegCo

Pidato tahunan kebijakan publik Lam kemarin terpaksa dihentikan karena anggota parlemen oposisi mengganggu jalannya sidang.

Pengunjuk rasa antipemerintah membawa poster dan spanduk menjelang pidato tahunan kebijakan publik Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam di Dewan Legislatif, Rabu (16/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad

Dewan Legislatif (LegCo) menangguhkan sesi tanya-jawab dengan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam pada Kamis (17/10). Sebelumnya, pada Rabu (16/10), pidato tahunan kebijakan publik Lam terpaksa dihentikan karena anggota parlemen oposisi mengganggu jalannya pertemuan dengan teriakan-teriakan berisi cemoohan.

Sama seperti kejadian pada Rabu, sidang pada Kamis pun diwarnai cemoohan legislator prodemokrasi. Mereka mengangkat poster yang memperlihatkan Lam dengan tangan penuh darah. Anggota parlemen oposisi meneriakkan, "Five demands, not one less," merujuk pada daftar tuntutan pemrotes. Akibatnya, Lam sempat dikawal keluar dari ruangan pertemuan.

Seorang anggota parlemen mengeluh karena tiga pertanyaan pertama diberikan kepada anggota partai pro-China. Namun, Presiden LegCo Andrew Leung membantah memberikan prioritas kepada pihak tertentu.

Andrew bersikeras dia mendahulukan pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana menangani kekerasan yang berulang di Hong Kong.

Setelah ditunda sebentar, Lam kembali masuk ke ruang sidang untuk melanjutkan sesi tanya-jawab. Dia menjawab sejumlah pertanyaan terkait pidatonya kemarin yang pada akhirnya disampaikannya via tautan video.