Pemimpin junta Myanmar bertemu dengan perwakilan ASEAN

Mereka membahas bagaimana cara mengimplementasikan hasil KTT ASEAN hingga kondisi pascapandemik.

Foto ilustrasi / Pixabay

Jenderal Senior Min Aung Haling, panglima militer Myanmar, pada Jumat (4/6) bertemu dengan Menteri Kedua untuk Urusan Luar Negeri Brunei Darussalam Erywan Pehin Yusof dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di ibu kota Myanmar, Naypyidaw.

Pertemuan tersebut dimulai pukul 14.00 waktu setempat dan berlangsung selama lebih dari satu jam. Menurut juru bicara militer, mereka membahas berbagai topik mulai dari bagaimana cara mengimplementasikan hasil KTT ASEAN yang berlangsung pada April hingga kondisi pascapandemik.

Kedua belah pihak juga diperkirakan telah membahas lima poin konsensus dari KTT ASEAN, termasuk pengiriman utusan khusus ASEAN dan bantuan kemanusiaan ke Myanmar.

Brunei Darussalam saat ini adalah Ketua ASEAN, dan dua pejabat yang mewakili blok tersebut dilaporkan tidak bertemu dengan kelompok-kelompok prodemokrasi, termasuk pemimpin sipil Myanmar yang digulingkan militer, Aung San Suu Kyi.

Para pakar menilai, penerimaan kunjungan kedua pejabat tersebut merupakan sinyal bahwa Min Aung Hlaing mulai percaya diri untuk membuka dialog dengan komunitas internasional.