Pengadilan panggil kolega Trump soal kerusuhan Capitol

Seorang kolega Trump, Meadows, dilaporkan berkomunikasi dengan pejabat negara bagian dan federal guna membatalkan Pilpres 2020.

Unjuk rasa di Gedung Kongres AS mendukung terdakwa yang diadili dalam serangan 6 Januari di Capitol, di Washington, AS, pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat. Foto Reuters/Jim Bourg

Komite Terpilih DPR Amerika Serikat (AS) memanggil empat mantan anggota pemerintahan Donald Trump, termasuk Mark Meadows dan Steve Bannon, pada Kamis (23/9). Menurut ketua panel, pemanggilan terkait kerusuhan di Capitol pada 6 Januari lalu.

Mantan Wakil Kepala Staf Gedung Putih, Dan Scavino, dan bekas pejabat Departemen Pertahanan, Kash Patel, juga dipanggil. Ketua Komite, Bennie Thompson, menyatakan, keduanya diminta membuat materi dan muncul untuk deposisi.

Meadows dan Scavino telah diinstruksikan muncul untuk deposisi pada 15 Oktober, sedangkan Bannon dan Patel sehari sebelumnya.

Thompson mengatakan, Meadows dilaporkan berkomunikasi dengan pejabat negara bagian dan federal guna membatalkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020 atau mencegah pelantikan Biden. Pun dilaporkan berkomunikasi dengan koordinator aksi di Capitol.

Sementara itu, Patel dilaporkan berbicara berulang kali dengan Meadows saat kerusuhan terjadi.