PH dukung penuh Anwar Ibrahim jadi PM Malaysia?

Siapa yang akan memerintah Malaysia setelah Mahathir Mohamad mundur belum diketahui.

Ilustrasi Malaysia / Pixabay

Ada indikasi bahwa seluruh anggota parlemen dari koalisi Pakatan Harapan (PH) menyatakan dukungan bagi Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim untuk menjadi Perdana Menteri Malaysia dalam wawancara mereka dengan Yang di-Pertuan Agong Tengku Abdullah.

Seorang pemimpin senior PKR yang enggan disebut namanya mengatakan kepada Malaysiakini bahwa partainya sepenuhnya mendukung Anwar Ibrahim. Wakil Presiden Partai Amanah Negara Salahuddin Ayub mengonfirmasi bahwa anggota parlemen asal partainya juga menyuarakan dukungan bagi Anwar Ibrahim saat mereka diwawancara raja.

Partai Aksi Demokratis (DAP) pun dilaporkan kemungkinan akan mengambil langkah serupa. Sebuah sumber menyebut bahwa DAP akan mendukung pembentukan pemerintahan koalisi PH.

PKR, Amanah, dan DAP memiliki total 92 kursi di parlemen. Sementara untuk membentuk pemerintahan, mayoritas harus mencapai 112 kursi.

Sebuah sumber mengatakan kepada Malaysiakini bahwa Anwar Ibrahim tidak terlalu jauh dari target untuk mendapat mayoritas. Berembus kabar bahwa beberapa dari 11 politikus PKR yang membelot akan kembali.