Pilpres AS 2020: Donald Trump vs Joe Biden?

Donald Trump jadi satu-satunya yang menonjol dari kubu Republik ketika Demokrat menawarkan sejumlah opsi kandidat capres.

Ilustrasi Pilpres AS / Pixabay

Pada November 2020, Amerika Serikat akan menyelenggarakan pemilihan presiden yang berlangsung empat tahunan. Ada 13 kandidat calon presiden yang tengah bertarung dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, sementara Konvensi Nasional Partai Republik belum berlangsung. Meski demikian sejauh ini, Donald Trump (73) satu-satunya yang paling menonjol.

Di Partai Demokrat, sosok Joe Biden (77) yang merupakan mantan wakil presiden era pemerintahan Barack Obama digadang-gadang sebagai calon terkuat penantang Trump. 

Selain Biden, politikus kawakan Bernie Sanders (78), miliarder yang juga mantan Wali Kota New York Michael Bloomberg (77), Wali Kota South Bend Pete Buttigieg (37), dan Senator Massachusetts Elizabeth Warren (70) turut memperebutkan kursi capres dari partai berlambang keledai tersebut.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yohanes Sumarno menilai bahwa Biden dan Buttigieg merupakan dua kandidat kuat yang berpotensi melawan Trump.

"Keduanya menampakkan diri sebagai pemimpin sentris. Mereka berhaluan tengah dan itu bisa diterima banyak rakyat AS," jelas Yohanes kepada Alinea.id pada Kamis (9/1).