PM Inggris akan paparkan proposal final Brexit ke UE

Dengan kurang dari satu bulan tersisa hingga Inggris dijadwalkan untuk cerai dari Uni Eropa, masa depan Brexit masih penuh ketidakpastian.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Rabu (4/9). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay

Pada Rabu (2/10), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan memaparkan proposal final Brexit kepada Uni Eropa. Dia mengatakan, jika Uni Eropa tidak menginginkannya, Inggris akan tetap hengkang dari blok itu pada 31 Oktober.

Dalam pidato penutupannya di konferensi tahunan Partai Konservatif pada Rabu, Johnson diprediksi akan berpegang teguh pada pendiriannya.

Dengan kurang dari satu bulan tersisa hingga Inggris dijadwalkan untuk cerai dari Uni Eropa, masa depan Brexit masih penuh ketidakpastian. Belum jelas apakah Inggris akan cerai dengan atau tanpa kesepakatan (no-deal Brexit).

"Saya khawatir bahwa setelah tiga setengah tahun, masyarakat Inggris mulai merasa mereka dibodoh-bodohi. Mereka mulai curiga, ada pihak-pihak di negara ini yang tidak ingin Brexit terwujud," kata dia dalam pernyataannya.

PM Johnson yakin dirinya bisa mendapatkan konsesi dari Uni Eropa untuk membujuk anggota parlemen untuk meratifikasi kesepakatan Brexit miliknya.