PM May: Brexit akan terlaksana tepat waktu

Kepada Uni Eropa, May mengatakan bahwa Parlemen akan menyetujui kesepakatan Brexit jika ada perubahan yang mengikat secara hukum.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dan Perdana Menteri Inggris Theresa May saat bertemu di Brussels, Belgia, Kamis (7/2). Twitter/@eucopresident

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan kepada para pemimpin Uni Eropa bahwa Parlemen dapat menyetujui kesepakatan Brexit jika
blok tersebut menerapkan perubahan yang mengikat secara hukum.

May, yang juga berjanji akan mewujudkan Brexit tepat waktu, berbicara setelah serangkaian pertemuan dengan para pejabat tinggi Uni Eropa di Brussels, Kamis (7/2).

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker tetap menolak jenis perubahan yang ingin dilihat oleh May. Namun, kedua belah pihak sepakat akan mengadakan pembicaraan lebih lanjut untuk memecah kebuntuan.

May mengatakan dia juga telah berbicara dengan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk terkait komentar Tusk pada Rabu (6/2) tentang adanya "tempat khusus di neraka" bagi mereka yang mendukung Brexit tanpa kesepakatan atau no-deal Brexit.

Menurutnya, perkataan Tusk tidak membantu dan telah menyebabkan keresahan di Inggris. May mengatakan kepada Tusk bahwa seharusnya dia hanya fokus untuk bekerja sama dengan Inggris demi mendapatkan kesepakatan Brexit.