Presiden Brasil salahkan LSM atas kebakaran Hutan Amazon

Bolsonaro menuduh tanpa bukti bahwa LSM membakar Amazon untuk menyerang pemerintahannya.

Ilustrasi / Pixabay

Pada Rabu (21/8) pagi, Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh organisasi non-pemerintah (LSM) membakar hutan hujan Amazon untuk menyerang pemerintahannya. Klaim itu disajikan tanpa bukti dan segera ditentang oleh para ahli lingkungan dan iklim.

"Semuanya menunjukkan bahwa LSM pergi ke Amazon untuk membakar hutan hujan itu," kata Bolsonaro melalui siaran langsung di Facebook.

Bolsonaro sendiri mengaku tidak memiliki bukti untuk mendukung klaimnya. Dia menduga pemotongan dana LSM oleh pemerintahnya menjadi motif pembakaran hutan itu.

Presiden Bolsonaro mengatakan pemerintahannya sedang bekerja untuk mengendalikan kebakaran Amazon. Pusat penelitian luar angkasa Brasil, INPE, mendeteksi terjadi 72.843 kebakaran di Hutan Amazon sejauh ini pada 2019, angka itu merupakan peningkatan sebesar 83% pada periode yang sama pada 2018.

Komentar Bolsonaro membuat para kritikus marah dan mendorong kampanye media sosial untuk menyadarkan masyarakat internasional atas situasi kebakaran Hutan Amazon. Tagar #PrayforAmazonas menjadi topik panas di Twitter pada Rabu, para pengguna Instagram dan Facebook pun turut menyuarakan keprihatinan tentang masa depan Hutan Amazon.