Presiden China memulai kunjungan perdana ke Korea Utara

Xi Jinping menjadi yang presiden China pertama yang berkunjung ke Korea Utara dalam 14 tahun terakhir.

Presiden China Xi Jinping saat menghadiri Konferensi Dialog Peradaban Asia di Beijing, China, Rabu (15/5). ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter

Presiden China Xi Jinping tiba di Pyongyang, Korea Utara, pada Kamis (20/6), pukul 11.40 waktu setempat. Rombongan Xi termasuk istrinya, Peng Liyuan, Menteri Luar Negeri Wang Yi, dua diplomat top China, dan Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional He Lifeng.

Presiden Xi, yang akan berada di Korea Utara selama dua hari, merupakan pemimpin Tiongkok pertama yang mengunjungi negara itu dalam 14 tahun terakhir.

Hubungan China dan Korea Utara, yang merupakan sekutu era Perang Dingin, sempat memburuk akibat provokasi nuklir Pyongyang dan dukungan Beijing atas sanksi yang PBB jatuhkan kepada negara itu.

Xi dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah berupaya untuk memperbaiki hubungan kedua negara. Itu tercermin dari langkah Kim Jong-un yang telah empat kali melakukan kunjungan kenegaraan ke China sepanjang 2018. Selain itu, Beijing pun menyerukan agar PBB melonggarkan sanksi atas Pyongyang.

Menyambut kedatangan Xi, bendera China dan Korea Utara dikibarkan di sejumlah lokasi dan di ruas jalan-jalan utama di Pyongyang.