Presiden Jokowi resmikan gedung baru ASEAN

Gedung baru ASEAN berdiri di atas lahan seluas 11.369 meter persegi dengan luas bangunan 49.993 meter persegi.

Peresmian gedung baru ASEAN di Jalan Trunojoyo, Jakarta, pada Kamis (8/8). Alinea.id/Valeri Dante

Presiden RI Joko Widodo menuturkan bahwa gedung baru Sekretariat ASEAN berperan untuk menunjuang misi dan sentralitasnya ke depan. Hal itu disampaikannya dalam acara peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN di Jalan Trunojoyo, Jakarta, pada Kamis (8/8).

"Indonesia ingin ASEAN berperan menyebarkan nilai-nilai dialog dan kerja sama. Untuk memainkan peran sentral dan menjalankan misinya, kunci utama ASEAN adalah persatuan," tutur Presiden Jokowi.

Dia menambahkan, gedung baru tersebut merupakan bagian dari upaya Indonesia memfasilitasi ASEAN untuk bekerja secara lebih efektif dan efisien.

"Gedung baru ini mencerminkan semangat ASEAN dan akan membuat persatuan ASEAN semakin kokoh untuk menjalankan misi mempertahankan stabilitas di kawasan," lanjutnya.

Jokowi menyatakan ke depannya, ASEAN akan menghadapi tantangan yang sangat besar karena organisasi regional itu sangat majemuk baik dari segi ekonomi, sistem politik, agama dan etnis. Selain itu ada pula tarik-menarik antara kekuatan besar dunia yang semakin terasa dan memengaruhi kondisi global.