Presiden Korea Selatan siap adakan KTT keempat dengan Kim Jong-un

Moon Jae-in menegaskan, adalah prioritas utama Korea Selatan untuk mencegah perundingan nuklir Korea Utara-AS keluar dari jalur.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat mengadakan pertemuan militer di Pyongyang, Korea Utara, dalam foto yang disiarkan Rabu (27/3/2019) oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara (KCNA). ANTARA FOTO/KCNA/via REUTERS

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Senin (15/4) mengatakan bahwa dia siap untuk menggelar KTT keempat dengan Kim Jong-un untuk membantu menyelamatkan perundingan nuklir yang goyah antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Moon Jae-in bertemu Kim Jong-un tiga kali tahun lalu dan juga merupakan perantara pembicaraan nuklir antara Washington dan Pyongyang.

"Kapanpun Korea Utara siap, kami berharap Selatan dan Utara dapat duduk bersama dan mengadakan diskusi konkret serta praktis tentang cara untuk mencapai kemajuan melampaui apa yang dicapai dalam dua KTT Korea Utara-Amerika Serikat," kata Moon Jae-in dalam pertemuan dengan pejabat seniornya.

Pekan lalu, Moon bertatap muka dengan Trump di Washington. Keduanya sepakat tentang pentingnya pembicaraan nuklir dengan Korea Utara tetapi tidak mengumumkan rencana khusus.

Moon Jae-in menghabiskan tahun lalu dengan upaya agresif untuk membangun hubungan baik dengan Korea Utara. Dia juga melobi untuk KTT Korea Utara-Amerika Serikat pada Juni lalu.