Presiden Meksiko jual pesawat untuk atasi migrasi ilegal

Meksiko terikat perjanjian dengan AS soal migrasi ilegal. Tenggatnya adalah 45 hari dan jika tidak tercapai maka AS akan menerapkan tarif.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. REUTERS/Gustavo Graf

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador berjanji menggunakan keuntungan dari penjualan pesawat kepresidenannya untuk mendanai upaya-upaya yang dapat mengekang migrasi ilegal.

Pernyataan Obrador tersebut datang setelah Meksiko dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan untuk menghindari penerapan tarif AS dengan catatan, Meksiko mengambil lebih banyak langkah untuk menghentikan migrasi dari Amerika Tengah ke AS.

Selama kampanyenya pada 2018, Obrador yang berhaluan kiri berjanji menjual pesawat kepresidenan dan menggunakan hasil penjualan untuk membantu masyarakat yang lebih miskin.

Obrador menyatakan bahwa dirinya akan terbang dengan pesawat komersial. Hanya beberapa hari setelah menjabat, Obrador menindaklanjuti janjinya.

Pese al retraso de 4 horas para despegar de Huatulco, @lopezobrador_ aseveró que no se subirá al avión presidencial pic.twitter.com/WjXu19IoZe