Putin: Bencana global jika NATO bentrok dengan Rusia

Sebelumnya, Putin telah memperingatkan bahwa dia akan menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah Rusia.

Vladimir Putin. Foto Ist

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat telah memperingatkan bahwa jika ada kontak langsung atau bentrokan langsung pasukan NATO dengan tentara Rusia, itu akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan bencana global.

Berbicara pada konferensi pers di ibukota Kazakhstan, Astana, Putin mengatakan, "Bagaimanapun, kontak langsung, bentrokan langsung pasukan (NATO) dengan tentara Rusia adalah langkah yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan bencana global. Saya harap mereka yang mengatakan ini cukup pintar untuk tidak mengambil langkah seperti itu."

"Apa yang terjadi hari ini tidak menyenangkan. Tapi tetap saja, (jika Rusia tidak menyerang pada Februari) kami akan berada dalam situasi yang sama, hanya kondisinya yang akan lebih buruk bagi kami," kata Putin kepada wartawan setelah pertemuan puncak di ibukota Kazakhstan, seperti dilansir kantor berita ANI.

Pada hari Jumat, Putin juga mengatakan bahwa Moskow "melakukan segalanya dengan benar" dalam hampir delapan bulan invasi ke Ukraina meskipun serangkaian kekalahan memalukan, karena Kiev mengatakan itu "lebih kuat dari sebelumnya" dan akan muncul sebagai pemenang.

Sebelumnya, Putin telah memperingatkan bahwa dia akan menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah Rusia setelah mencaplok empat wilayah Ukraina bulan lalu, sebuah langkah yang dikutuk PBB minggu ini. Pada hari Selasa, negara-negara Kelompok Tujuh (G7) memperingatkan bahwa penggunaan senjata nuklir di Ukraina akan memiliki konsekuensi yang parah, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih.