Putra mantan Menlu Korea Selatan membelot ke Korea Utara

Choe In-guk merupakan putra mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choe Dok-shin, yang membelot bersama istrinya ke Korea Utara pada 1986.

Ilustrasi / Pixabay

Putra dari mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan membelot ke Korea Utara dan telah tiba di Pyongyang untuk menetap secara permanen. Itu akan menjadi kasus langka di mana warga Korea Selatan membelot ke Korea Utara yang dikenal lebih miskin dan otoriter.

Situs berita pemerintah, Uriminzokkiri, melaporkan Choe In-guk tiba di Pyongyang pada Sabtu (6/7) untuk mendedikasikan hidupnya bagi unifikasi Korea di bawah bimbingan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Media itu merilis foto dan rekaman yang memperlihatkan Choe In-guk, mengenakan kacamata dan baret, membaca pernyataan di Bandara Internasional Sunan, Pyongyang.

Choe In-guk mengatakan kini usianya di atas 70 tahun dan memutuskan untuk menjalani sisa hidupnya di Korea Utara atas keinginan kedua mendiang orang tuanya. Dia menuturkan bahwa ayah dan ibunya ingin dirinya bergabung dengan Korea Utara dan bekerja untuk memperjuangkan unifikasi dengan Korea Selatan.

Dia merupakan putra mantan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choe Dok-shin, yang membelot bersama istrinya ke Korea Utara pada 1986 setelah perselisihan politik dengan presiden saat itu, Park Chung-hee. Choe Dok-shin meninggal pada 1989.