Sejarah kelam Kanada terungkap, 800-an kuburan anak-anak pribumi ditemukan

Anak pribumi dimasukan ke sekolah untuk dicabut dari akar budayanya. Mereka juga mengalami penyiksaan memilukan.

Keberadaan kuburan di sekolah dideteksi. foto VOA

Sejarah kelam Kanada terungkap kepermukaan. Baru-baru ini sejumlah temuan membuka mata dunia bahwa di Kanada pernah terjadi penyiksaan dan pembunuhan terhadap anak-anak pribumi di masa lalu.

Para pemimpin kelompok Pribumi di Kanada mengatakan pada hari Kamis (24/6) bahwa para penyelidik telah menemukan lebih dari 600 kuburan tak bertanda di lokasi bekas sekolah tempat tinggal untuk anak-anak Pribumi.

Mayat-mayat itu ditemukan di Marieval Indian Residential School, yang beroperasi dari tahun 1899-1997. Sekolah berada di sekitar 135 kilometer sebelah timur Regina, ibu kota Saskatchewan.

Pencarian dengan radar penembus tanah menunjukkan bahwa setidaknya 600 mayat terkubur di daerah itu. Operator radar mengatakan hasil mereka bisa memiliki margin kesalahan 10%. Sampai saat ini, pencarian terus berlanjut, hit radar akan dinilai oleh tim teknis dan jumlahnya akan diverifikasi dalam beberapa minggu mendatang.

Menurut komunitas pribumi setempat, kuburan-kuburan tersebut telah ditandai, tetapi Gereja Katolik Roma yang mengoperasikan sekolah menghapus penanda tersebut.