Risiko kebakaran meningkat, listrik di California dipadamkan

Beberapa kebakaran besar di California dalam beberapa tahun terakhir dipicu oleh kerusakan saluran transmisi listrik akibat angin kencang.

Ilustrasi / Pixabay

Nyaris sekitar 750.000 hunian dan tempat kerja di California mengalami pemadaman listrik pada Rabu (9/10). Pemadaman yang sengaja dilakukan oleh Pacific Gas and Electric Co (PG&E) pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya ini bertujuan untuk mengurangi risiko kebakaran yang dipicu oleh cuaca kering yang sangat berangin.

"Pemadaman listrik mematikan sinyal lalu lintas, memaksa penutupan sekolah-sekolah dan kantor-kantor di California utara dan tengah," kata Brian Ferguson, juru bicara Kantor Layanan Darurat, negara bagian itu.

Tindakan serupa kini juga sedang dipertimbangkan oleh Southern California Edison bagi hampir 174.000 pelanggannya, jika angin kencang menghantam California selatan pada Kamis seperti yang diperkirakan. Demikian disampaikan juru bicara perusahaan Taelor Bakewell.

Beberapa kebakaran besar hutan di California dalam beberapa tahun terakhir dipicu oleh kerusakan saluran transmisi listrik akibat serangan angin kencang yang kemudian menyebarkan kobaran api melalui vegetasi kering-bercabang ke daerah pemukiman.

"Kami memasuki dua atau tiga atau empat hari periode bahaya kebakaran ekstrem di California," ujar Gubernur Gavin Newsom di sebuah acara di San Diego, Rabu.