Rivalitas kursi PM Inggris: Hunt minta Johnson tak jadi pengecut

Bulan depan, sekitar 160.000 anggota Partai Konservatif akan memilih pemimpin mereka sekaligus perdana menteri berikutnya.

Kandidat PM Inggris Boris Johnson (kiri) dan Jeremy Hunt dalam debat di BBC TV pada Selasa (18/6). Jeff Overs/BBC/Handout via REUTERS

Kandidat Perdana Menteri Inggris Jeremy Hunt mendesak rival utamanya, Boris Johnson, untuk tidak menjadi pengecut dalam menghadapi sorotan publik. Hunt mengaku tidak tertarik dengan kehidupan pribadi Johnson, namun dia meminta Johnson cukup tangguh dan hadir dalam debat yang akan ditayangkan langsung di televisi.

Sementara itu, Johnson memperingatkan Inggris akan menghadapi "ledakan demokrasi" jika tidak meninggalkan Uni Eropa sesuai tenggat, yaitu pada 31 Oktober 2019.

Namun, Hunt menantang jawaban Johnson atas pertanyaan apakah dia akan mengadakan pemilu jika anggota parlemen menolak mengizinkan Inggris bercerai dari Uni Eropa tanpa kesepakatan atau no-deal Brexit pada tanggal tersebut.

Johnson, saat ini berada di bawah tekanan untuk menjawab pertanyaan tentang pertengkarannya dengan teman dekatnya Carrie Symonds pada Jumat dini hari hingga menyebabkan polisi dipanggil ke rumahnya di London.

Polisi Metropolitan mengatakan tidak akan mengambil tindakan lebih lanjut atas insiden tersebut. Ditanya terkait insiden tersebut pada Sabtu (22/6), Johnson menolak menjawabnya.