Rusia yakin berhasil atasi penyebaran coronavirus

Sejauh ini, Rusia mencatat dua kasus coronavirus jenis baru.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers di kediamannya di Kuningan, Jakarta, Rabu (12/2). Alinea.id/Valerie Dante

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menjelaskan bahwa situasi penyebaran wabah coronavirus jenis baru di negaranya terkendali. Sejauh ini, Rusia mencatat dua kasus coronavirus.

"Keduanya adalah warga negara China. Mereka telah menjalani perawatan rumah sakit dan salah satu dari mereka sudah dipulangkan. Kasus infeksi mereka tergolong ringan," jelas Vorobieva dalam konferensi pers di kediamannya di Kuningan, Jakarta, pada Rabu (12/2).

Dia mengatakan bahwa pemerintah Rusia telah mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan mereka meyakini tidak akan ada penyebaran coronavirus lebih lanjut di negara itu.

Dubes Vorobieva menambahkan, pada awal Februari, Kementerian Situasi Darurat Rusia mengirim pesawat untuk mengevakuasi lebih dari 500 warga Rusia yang berada di Provinsi Hubei, wilayah yang menjadi sumber penyebaran coronavirus jenis baru.

"Semua yang kembali ke Rusia telah ditempatkan dalam karantina selama dua minggu. Sejauh ini, belum ada yang terdeteksi telah terjangkit coronavirus," kata dia.