Saudi tutup perbatasan, Indonesia usahakan repatriasi WNI

Kebijakan ini akan ditinjau dan kemungkinan akan diperpanjang hingga satu pekan ke depan.

Umat Islam memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19 di Makkah, Arab Saudi, Kamis (27/2/2020). Foto Antara/REUTERS/Ganoo Essa

Arab Saudi pada Minggu (20/12) memutuskan untuk menangguhkan seluruh penerbangan internasional selama satu minggu ke depan. Selain itu, jalur masuk ke negara melalui perbatasan darat dan pelabuhan laut pun telah ditangguhkan.

Kebijakan tersebut, diterapkan sebagai tanggapan atas munculnya mutasi Covid-19 baru yang terdeteksi di Inggris dan sejumlah negara Eropa lainnya.

Pemerintah Arab Saudi menjelaskan, kebijakan ini akan ditinjau dan kemungkinan akan diperpanjang hingga satu pekan ke depan.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha menjelaskan, bahwa pemerintah Indonesia tengah mengupayakan repatriasi para WNI jamaah umrah yang kini berada di Arab Saudi.

"KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah telah melakukan komunikasi dan pendekatan dengan otoritas setempat untuk memberikan izin khusus penerbangan repatriasi. InsyaAllah jamaah umrah bisa dipulangkan," ujar dia kepada Alinea.id saat dihubungi pada Selasa (22/12).