Sejumlah gangguan serius menghantui no-deal Brexit

Salah satunya termasuk kurangnya ketersediaan makanan segar dan naiknya harga.

Ilustrasi / Pixabay

Dokumen rahasia pemerintah Inggris yang bocor memperingatkan gangguan serius di seluruh negeri jika no-deal Brexit terjadi pada 31 Oktober. Surat kabar The Sunday Times adalah pihak yang pertama kali merilis dokumen rahasia tersebut. 

Gangguan serius tersebut termasuk kurangnya ketersediaan makanan segar dan naiknya harga, protes terkait perbatasan Irlandia (backstop Irlandia), kurangnya ketersediaan bahan bakar dan 2000 pekerjaan hilang jika pemerintah menetapkan tarif impor bensin menjadi 0%, pasien harus menunggu lebih lama untuk mendapat obat-obatan, meningkatnya gangguan publik dan ketegangan di masyarakat akibat kekurangan makanan dan obat-obatan, hingga gangguan pengangkutan di pelabuhan yang dipicu oleh pemeriksaan pabean.

Kebocoran ini terjadi menjelang pertemuan Perdana Menteri Boris Johnson dengan para pemimpin Uni Eropa pekan ini.

Skenario suram tersebut sebenarnya telah lama digaungkan oleh sejumlah akademisi dan ekonom, namun berulang kali ditentang oleh para pendukung Brexit.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menekankan bahwa pihaknya siap untuk meninggalkan Uni Eropa, terlepas dari apakah dia mampu menegosiasikan kembali kesepakatan Brexit yang dicapai oleh pendahulunya dengan Brussels.