Seluruh menteri dari partai sayap kanan Austria mundur

Skandal video yang diduga direkam pada 2017 menjadi pemicu pengunduran diri para menteri asal Partai Kemerdekaan Austria.

Pemimpin FPO dan Wakil Kanselir Austria Heinz-Christian Strache. Twitter/@HCStracheFP

Semua menteri dari Partai Kemerdekaan (FPO) Austria yang berhaluan sayap kanan mengundurkan diri. Pengunduran diri massal anggota kabinet ini membuat pemerintah dalam kekacauan.

Pemimpin FPO Heinz-Christian Strache, yang juga menjabat sebagai Wakil Kanselir Austria, mengundurkan diri pada pekan lalu setelah terlibat dalam video skandal korupsi.

Dalam video itu, Strache terlihat mengusulkan untuk menawarkan kontrak pemerintah kepada seorang perwakilan oligarki Rusia. Skandal itu terkuak pada Jumat (17/5), ketika rekaman dari 2017 itu disiarkan oleh media Jerman.

Pada Senin (20/5), sejumlah pejabat FPO mengancam akan melakukan pengunduran diri massal jika Menteri Dalam Negeri Austria Herbert Kickl juga dipaksa mengundurkan diri.

Pasalnya, Kanselir Austria Sebastian Kurz telah meminta agar Kickl dipecat pada akhir pekan lalu. Kurz menegaskan bahwa sebagai sekretaris jenderal FPO, Kickl juga harus bertanggung jawab atas skandal video Strache itu.