Seoul pantau kemungkinan peluncuran rudal oleh Korea Utara

Analisis menunjukkan peningkatan aktivitas di 2 lokasi utama, yaitu fasilitas penelitian rudal Samundong dan fasilitas uji coba roket Sohae.

Ilustrasi / Pixabay

Militer Korea Selatan pada Senin (11/3) mengatakan, pihaknya tengah memantau dengan saksama fasilitas di Korea Utara setelah serangkaian gambar satelit memicu peringatan bahwa Pyongyang mungkin tengah mempersiapkan peluncuran rudal jarak jauh atau angkasa luar.

Analisis menunjukkan peningkatan aktivitas di dua lokasi utama, yaitu fasilitas penelitian rudal Samundong dan fasilitas uji coba roket Sohae. Peluncuran apapun akan mengirimkan sinyal buruk terhadap pembicaraan tentang nuklirisasi.

"Korea Selatan melacak dengan cermat dan mengamati seluruh kegiatan terkait kemungkinan berbagai skenario, termasuk peluncuran rudal di seberang perbatasan dan berkoordinasi dengan Amerika Serikat," kata juru bicara Kepala Staf Gabungan Kim Joon-rak.

NPR melaporkan bahwa gambar-gambar satelit di Samundong yang diambil pada 22 Februari menunjukkan mobil dan truk di lokasi, serta kereta dan derek di halaman fasilitas tersebut.

"Ketika Anda menyatukan semua itu, benar-benar seperti situasi saat Korea Utara tengah dalam proses membangun roket," terang Jeffrey Lewis, seorang peneliti di Middlebury Institute of International Studies di Monterey.