Setidaknya 70 mahasiswa di China terinfeksi norovirus

Otoritas kesehatan lokal sedang menyelidiki sumber infeksi.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanxi, China utara, menderita diare dan muntah-muntah sejak Rabu (7/10). Kabar tersebut diberitakan oleh kantor berita pemerintah, Xinhua, pada Senin (12/10).

"Saat ini, rumah sakit sekolah dipenuhi oleh siswa yang terinfeksi dan satu lantai di asrama siswa laki-laki telah ditutup. Sisanya menghadiri kelas seperti biasa," tutur sejumlah mahasiswa di universitas tersebut kepada surat kabar lokal, Red Star News.

Sejak Rabu (7/10), Shanxi University of Finance and Economics telah mengumpulkan informasi tentang siswa yang menunjukkan gejala muntah, diare, dan demam. Otoritas kesehatan setempat telah mengonfirmasi bahwa gejala mereka disebabkan oleh infeksi norovirus.

Departemen pengendalian dan pencegahan penyakit di Taiyuan mengambil sampel 28 kasus dari mahasiswa untuk tes norovirus pada Rabu dan Sabtu (10/10). Setelah itu, 11 kasus dinyatakan positif.

Kemudian pada Kamis (8/10), pihak universitas mengeluarkan pernyataan, menjelaskan bahwa setelah menjalani perawatan, kondisi para mahasiswa yang sakit membaik dan beberapa telah pulih.