Shehbaz Sharif terpilih jadi PM baru Pakistan

Sharif menggantikan Imran Khan yang digulingkan dalam mosi tidak percaya.

Shehbaz Sharif, yang dipilih parlemen sebagai Perdana Menteri Pakistan, menggantikan Imran Khan. Twitter/@president_pmln

Parlemen Pakistan memilih Shehbaz Sharif (70) sebagai Perdana Menteri (PM) baru, menggantikan Imran Khan yang digulingkan dalam mosi tidak percaya. Pengukuhan Shehbaz Sharif dilakukan Senin (11/4) waktu setempat.

Mengutip BBC pada Selasa (12/4), pemimpin oposisi yang berhasil menggulingkan Khan memenangi dukungan mayoritas di parlemen. Shehbaz Sharif akan membentuk pemerintahan baru, yang berlaku sampai pemilihan umum pada Agustus 2023.

Sharif terpilih di parlemen tanpa lawan dan menjadi PM ke-23 Pakistan.

Kandidat saingannya, Shah Mahmood Qureshi, telah mengumumkan Partai Pakistan Tehreek-e-Insaf, yang dipimpin Khan, memboikot pemungutan suara parlemen dan melakukan pemogokan. Mantan PM dan sebagian besar anggota parlemen partainya mengundurkan diri menjelang pemungutan suara.

Shehbaz Sharif menjabat sebagai Menteri Utama Punjab, provinsi terpadat di Pakistan, sebelum Imran Khan berkuasa pada 2018. Sharif, yang memimpin Liga Muslim Pakistan Nawaz (PMLN), memiliki reputasi mumpuni. Dia dikenal pekerja keras dan berhasil memperbaiki infrastruktur wilayah secara signifikan.