Situs bencana nuklir Chernobyl resmi jadi destinasi wisata

Sebuah reaktor di Chernobyl meledak pada April 1986, menjadikannya kecelakaan nuklir terburuk di dunia.

Wisatawan berkumpul di luar struktur New Safe Confinement (NSC) yang membungkus reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Ukraina, Minggu (2/6). REUTERS/Valentyn Ogirenko

Daerah di sekitar Chernobyl, situs kecelakaan nuklir terburuk di dunia, akan disulap menjadi kawasan wisata. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. 

Pada Rabu (11/7), Presiden Zelensky menandatangani dekret yang menetapkan rencana pembangunan jalur pejalan kaki dan meningkatkan daya tangkap sinyal telepon genggam di daerah tersebut.

"Chernobyl telah menjadi sisi negatif dari Ukraina. Waktunya tiba untuk mengubah itu," ungkap Zelensky yang merupakan mantan komedian.

Sebuah reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl meledak pada April 1986, mengirimkan zat radioaktif ke seluruh Eropa. Menurut PBB, nyaris 50.000 kilometer persegi tanah terkontaminasi.

Setidaknya 31 orang dilaporkan tewas langsung dalam peristiwa tersebut dan efek ledakannya masih terasa hingga hari ini.