Skandal pelecehan seksual menerpa dunia skating Korea Selatan

Korea Selatan memimpin dalam cabang olahraga speed skating. Negara itu telah memenangkan 24 medali emas Olimpiade.

Ilustrasi / Pixabay

Speed skating, cabang olahraga yang elite di Korea Selatan, ternoda oleh skandal pelecehan seksual. Para skater wanita mengaku mereka dilecehkan secara seksual oleh pelatih dan aksi tersebut ditutup-tutupi.

Korea Selatan memimpin dalam cabang olahraga speed skating, di mana negara itu telah memenangkan 24 medali emas Olimpiade, dan apa yang terjadi adalah perkembangan yang serius. 

Dari lima atlet skating yang mengaku mengalami pelecehan seksual, salah satunya menuturkan bahwa seorang pelatih menciumnya secara paksa dan kemudian melecehkannya secara verbal ketika dia menolak bujuk rayunya.

Para atlet wanita, yang diwakili oleh sebuah kelompok bernama Solidarity for Young Skaters (SYS), mengungkap pengalaman buruk mereka lewat sebuah konferensi pers yang diadakan di parlemen Korea Selatan pada Senin (21/1) bersama dengan seorang anggota parlemen Sohn Hye-won.

Kelompok itu mengatakan bahwa para atlet wanita tersebut memilih untuk tetap anonim karena mereka takut dengan respons negatif dari para pendukung pelatih dan komunitas skating.