Stadion di Liga Inggris akan penuh penonton lagi

Stadion akan dapat lagi diisi penuh suporter. Ini yang sedang dibicarakan di Inggris. Apakah memungkinkan untuk terwujud?

Ilustrasi. foto Getty Images/Catherine Ivill

Liga Premier Inggris akan kembali bergemuruh musim depan. Stadion akan dapat lagi diisi penuh suporter. Ini yang sedang dibicarakan di Inggris. Apakah memungkinkan untuk terwujud?

Sesuai panduan terbaru dari pemerintah, Inggris akan melonggarkan pembatasan pandemi mulai 19 Juli, termasuk mengizinkan stadion berkapasitas penuh – bahkan tanpa perlu masker atau paspor vaksin.

Harapan ini sangat optimistis, namun tetap akan merujuk pada data baru yang akan dirilis 12 Juli mendatang terkait lonjakan kasus di negara ini karena varian delta. Tinjauan itu berpotensi menunda tanggal pembukaan kembali (pembatasan), meskipun sepertinya pemerintah ingin terus maju kecuali sesuatu yang drastis terjadi.

Sesuai Program Penelitian Acara pemerintah, analisis data terbatas setelah acara uji coba yang diadakan, seperti final Piala FA, telah menunjukkan bahwa “tidak ada wabah besar” yang terjadi sebagai akibatnya.

“Kami akan menjauh dari pembatasan hukum dan mengizinkan orang membuat keputusan sendiri tentang cara mengelola virus. Dari langkah keempat, kami akan menghapus semua batasan hukum pada jumlah pertemuan di dalam dan di luar ruangan. Kami akan mengizinkan semua bisnis dibuka kembali, termasuk klub malam, kami akan mencabut batas pengunjung yang disebutkan namanya ke panti jompo dan jumlah orang yang menghadiri konser, teater, dan acara olahraga,” demikian PM Boris Johnson membuat pernyataan sebelumnya.